stopKetika anak-anak dilahirkan, bereka belum memahami dunia disekitar mereka. indra mereka belum terfokus.

Mereka melihat tampa mengerti apa yang mereka lihat dan mendengar tampa tau makana dari suara-suara tersbut. pada minggu pertama, bahkan tidak menyadari bahwa mereka terpisah dari dunia sekelilingnya. mereka tidak bisa mengendalikan dirinya maupun dunia. kehidupan sebelumnya di dalam rahim tidak menyiapkan mereka untuk hidup di luarnya.

Sebelum anak menemukan dunianya, lebihdulu dia harus menyadari bahwa dia harus bisa membuat sesuatu terjadi dengan mudah jika dia dapat mengendalikan tubuhnya. karena tidak bisa, itu sebabnya dia membutuhkan penuntun. penuntun untuk dirinya terdapat dua. Pertama adalah ‘paket’ pengembangan bawaan lahir (inborn development) yang membuatnya ingintahu tentang sesuatu dan menyebabkan orang disekelilingnya membantunya menemukan. Dan yang kedua adalah Orang tua atau pengasuhnya.

Bagimana membantu anak anda menuju pemahaman dan tuntunan untuk mencapai pontensinya, yakni cinta dan pengetahuan. Orang tua atau pengasuh yang mengerti bagaimana anak berkembang akan menuntunya memberikan kesempatan yang terbaik.

Pada mulanya, anak belajar dengan cara coba-coba : bermain’menggeratak’ dan ‘mengacau’ mereka termotivasi oleh kegembiraan atastindakan mereka sendiri dan kebahagiaan orang tua atau pengasuh saat mendorong mereka untuk belajarkelak mereka juga akan belajar meniru tindakan dan minat orang dewasa. Anak akan melihat orangtua berinteraksi dengan teman akan berkeinginan mengembangkan keterampilan sosialnya sendiri. Bila melihat anda membaca, akan terbangkit minatnya mengkaji buku-buku.

Ketika anak-anak bertambah usia dan memahami apa yang anda katakan, mereka mulai belajar dengan menyerap penjelasan. setiap anak mempunyai ‘gunung’ masing-masing untuk didaki. Tidak semua anak mencapai puncak, tetapi dengan bimbingan, mereka dapat memulai dari dasar pijakan terbaik. Sejauh mana seorang anak dapat melangkah sangat tergantung pada kemampuan, keperibadian, tekad, serta faktor kepercayaan dan harga diri, selain sedikit keberuntungan.

oke..untuk bagian ini sampai disini dulu…he.hee.